PERINGATAN HUT DESA WARUNGBANTEN KE -32 sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta

HUT Desa Warungbanten ke 32 Dimeriahkan dengan Perlombaan Perlombaan dan Pagelaran Seni Tradisional.

Desa warungbanten Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak – Banten dengan segala keterbatasan akhirnya bisa melaksanakan acara tahunan yaitu ulang tahun (milad) desa untuk yang pertama kalinya dengan tema ti kula nu kula keur kula demi indonesia”sebagai rasa syukur terhadapa Allah SWT yang sudah memberikan limpahan nik’mat kepada desa dan masyarakat yang alhamdulillah sampai saat ini di usia 32 tahun desa warungbanten masih eksis melayani masyarakat dan terus membangun sarana dan prsarana di desa tanpa meninggalkan kearipan lokal yang ada. Dengan harapan kedepan desa warunganten menjadi desa tauladan dan bermartabat.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Kegiatan olah raga : (sepak bola, futsal, volly, catur dan tenis meja)
  2. Lomba Kebersihan, Keindahan dan Kerapihan lingkungan anatar RW : Diadakannya lomba ini dengan harapan masyarakat dapat memahami dan terus bisa menjaga kebersihan, Keindahan dan keindahan lingkungan agar tercipta lingkungan yang asri, nyaman dan terhindar dari penyakit. dalam penjuriannya lomba ini melibatkan dari KUPT Kesehatan Kec Cibeber. Adapun pemenangnya adalah RW 02 sebagai juara 1, RW 01 juara 2 dan RW 03 juara 3.20160829_145741 20160829_150728 20160829_151233 20160829_151543
  3. Lomba Pidato RT dan RW. Sebuah inspirasi baru terhadap RT dan RW untuk bisa berbicara didepan publik, memimpin musyawarah, memberikan himbauan terhadap masyarakat sehingga keberadaan RT dan RW tidak dipandang sebelah mata. dan hal itu terbukti ketika dalam lomba yang sebelumnya para RT dan RW merasa canggum bahkan tidak mau untuk tampil ternyata dengan segala keterbatasan meraeka merasa senang dan semangat, sampai ada yang langsung berbicara “pa jaro wayahna tahun hareup kudu di ayakeun deui acara lomba pidato RT/RW”. Adapun pemenang dalam perlombaan tersebut . Lomba Pidato RT : juara 1 bapak Dimyati dari RT 03 RW 03, juara 2 bapak Amat dari RT 02 Rw 01 dan juara 3 bapak Patjaya dari RT 02 RW 02. Lomba Pidato RW : Bpk. Saridan dari RW 02, juara 2 Bpk. Ukmajaya dari RW 01 dan juara 3 bpk. Saroih dari RW 03. DSCF6100DSCF6099
  4. Lomba Makanan Tradisional.

DSCF6087DSCF6088DSCF6081DSCF6075DSCF6071DSCF6072DSCF6073DSCF6074DSCF6076DSCF6090Bukti nyata pemerintah desa (kepala desa warungbanten) untuk memeberikan motivasi kepada masyarakat desa untuk bisa menghargai, menyadari dan bangga terhadap kearipan lokal yang ada salah satunya makanan tradisional. 70% masyarakat desa tidak tahu terhadap makanan tradisional yang ada di daerah sendiri karena mereka sudah jarang bahkan tidak lagi mengkonsumsi makanan yang seharusnya jadi kebanggaan. adapun makanan yang dilombakan adalah : bakecrot, katimus, putri noong, inter, gegetuk, peuyeum sampeu, papais, lempis, bangkerok, kulub hui, seupan sampeu, kulub cau, carucub, amisan/lahang, wedang, gula merah, pisang, kulub taleus, kulub ganyong, dodol, uli, peuyeum ketan, buras, opak, dodongkal, comro, misro, kripik pisang, kiripik sampeu, kiripik taleus dan buah buahan.

Selain perlombaan – perlombaan diatas, juga digelar seni tradisional asli desa warungbanten yang merupakan icon bagi desa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi   Desa Wisata Adat. Beberapa kesenian yang ditampilkan antara lain : rengkong, dogdog lojor, calung dan wayang golek dengan dalang asli putera daerah (Dalang Jajang Gumilar, Dalang Karyandi Gumilar dan Dalang Mimit Sasmita).DSCF6068DSCF6049DSCF6047

2 comments on “PERINGATAN HUT DESA WARUNGBANTEN KE -32 sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta

  1. Enda Alfaridzh

    Pak, dokumentasi gak sengaja pas ulang tahun ada di saya, jika butuh akan saya lakukan editing, silahkan hubungi saya via email, dan saya tinggal di warung banten sebagai pendatang.

    Reply
    1. admindesa Post author

      baik kalo memang berkenan bisa lewat email: desawarungbanten@gmail.com. atau lewat fb: desa warungbanten. boleh saya minta alamat emailnya?
      atau mungkin punya masukan untuk perkembangan desa warungbanten yang lebih baik silahkan bisa lewat email atau website ini.
      trimakasih

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.