IMG_20160106_104037 Sungai CIKULUWUNG sudah menjadi buah bibir di daerah kami, letaknya berada dikaki pegunungan cirotan berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), ada sekitar 2 km dari jalan raya danĀ  sekitar 16 KM dari Desa Warungbanten. Selain airnya yang jernih dan jauh dari limbah lingkungan Cikuluwung juga memiliki air yang kuat ketika musim kemarau, itu yang membuat masyarakat sangat mengharapkan air sungai Cikuluwung untuk bisa di salurkan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari, terutama oleh masyarakat Desa Warungbanten yang selalu kekurangan air minum terutama pada musim kemarau. Desa Warungbanten yang memiliki kurang lebih 2.643 jiwa dan berada di ibukota kecamatan tentunya sangat membutuhkan air yang cukup dan memadai.

Karena susahnya air untuk kebutuhan sehari tersebut akhirnya tidak sedikit masyarakat yang memaksa mengambil air minum dari mata air yang seharusnya untuk pengairan pertanian/ sawah. Akibatnya tidak sedikit lahan pertanian yang kekeringan dan akhirnya gagal panen.

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Desa warungbanten, air cikuluwung juga dapat disalurkan kebeberapa desa disekitarnya, seperti desa Hegarmanah, Desa Neglasari, Desa Sukamulya, Desa Cikotok, dan Desa Ciherang.

Adapun rencana kami jika harapan kami dapat terealisasiĀ  maka akan dilakukan beberapa hal untuk peningkatan perekonomian masyarakat guna menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) diantaranya : @ akan dibuatkan perusahaan air minum yang akan di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dewara.

Keuntungan yang akan didapatkan adalah :

  1. Air untuk kebutuhan pertanian tidak akan terganggu bahkan akan bertambah dari serapan air di rumah – rumah.
  2. Pendapatn Asli Desa (PADes) akan lebih meningkat,
  3. Akan mengurangi pengangguran atau menambah lapangan kerja.

Harapan Masyarakat Desa Warungbanten :

  1. Pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) dari sungai Cikuluwung harus segera terealisasi.
  2. Kepada pihak – pihak yang mempunyai kebijakan tentang hal ini kami harapkan untuk bisa memberikan solusi terhadap tujuan kami.