TBM Kuli Maca” Desa Warungbanten Sebagai Media Menuju Masyarakat Cerdas, Kreatif dan Inovatif

Ngobrol bareng bersama bang DC Aryadi di rumah adat Kaolotan Cibadak Desa Warungbanten

Desa Warungbanten membuat inovasi baru dalam menggapai Visi desa “Terwujudnya Desa Warungbanten yang Aman, Sehat, Cerdas, Berdaya Saing, Berbudaya dan Berakhlaq Mulia”. Merealisasikan Visi Desa tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan butuh perjuangan yang continu, konsisten dan optimisme yang tinggi tanpa mengenal waktu. Kerja … kerja …kerja dan kerja.
Salah satu cara untuk menjawab sebagian visi dan misi Desa dibidang pendidikan, pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan yaitu dengan mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) yang diberinama “TBM Kuli Maca ” Desa Warungbanten. Yang akan Lounching atau dkukuhkan pada tanggal 24 Desember 2016.

Salah satu tujuan  TBM Kuli Maca di dirikan adalah untuk membudayakan membaca bagi masyarakat terutama generasi muda, karena dengan membaca kita akan bisa membuka dunia. 

TBM Kuli Maca merupakan suatau wadah yang personilnya terdiri para pelajar/anak sekolah yang diketuai oleh Rafik Irawan dengan harapan dikemudian hari akan menjadi generasi unggulan yang lebih Cerdas, Kreatif dan Inovatif tapi tetap berakhlaq mulia.

Diskusi persiapan lounching TBM Kuli Maca didampingi Kades Warungbanten

TBM Kuli maca bukan hanya tempat membaca semata, tapi merupakan suatu wadah tempat untuk berkreasi berdiskusi keagamaan, menggali potensi lokal yang selama ini dipandang sebelah mata. 
Saya yakin dengan berdirinya TBM Kuli Maca” dapat membawa perubahan yang positif di Desa Warungbanten tanpa merubah kearipan lokal. (ucap Ruhandi Kades Warungbanten). 

Alhamdulillah dukungan dari berbagai pihak sangat kuat termasuk dari kang DC Aryadi. Sampai saat ini sudah terkumpul lebih dari 350 buah buku hasil sodaqoh dari masyarakat dan 96 CD pembelajaran. Kami masih membuka peluang kepada siapapun yang mau berpartisifasi nenyumbangkan buku -buku yang sudah tidak terpakai dan insya Allah akan bermanfaat jika di sumbangkan ke TBM Kuli Maca. 

Terimakasih banyak kepada semua pihak atas partisifasinya terutama kepada, pelajar, mahasiswa, pemuda/i, kasepuhan, tokoh agama, masyarakat Desa Warungbanten. Semoga kita semua mendapat keberqahan atas ilmu dan harta yang kita sodaqohkan. Amiinn… 

Layanan diskusi : www.warungbanten.desa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.