Launching (Taman Bacaan Masyarakat) TBM Kuli Maca Desa Warungbanten disambut Meriah Oleh Masyarakat

Kepala Desa Warungbanten (Ruhandi) membuka launching dan mengukuhkan TBM Kuli Maca Desa Warungbanten

Sabtu, 24 Desember 2016, Rasa syukur kepada Allah Swt atas ridho rahmat dan hidayah-Nya  akhirnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuli Maca Desa Warungbanten telah dilakukan Launching/ di luncurkan dan dikukuhkan oleh Kepala Desa Warungbanten di rumah adat Kaolotan Cibadak dengan di hadiri oleh Muspika Kecamatan Cibeber termasuk KUPT P&K Kecamatan Cibeber, tokoh masyarakat, Tokoh agama, Kasepuhan, Masyarakat, Para pelajar dan Anak sekolah lebih dari 100 peserta.
Undang-undang Dasar 1945 pada alenia IV ” Cikal bakal kehidupan masyarakat yang cerdas adalah mendapatkan pendidikan yang layak dan meningkatkan Minat dan  Gemar Membaca sebagai modal dasar Pembangunan Nasional yang harus seiring dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, yaitu dengan cara menumbuh kembangkan Minat dan Gemar Membaca masyarakat (reading society) dan masyarakat belajar (learning society) melalui pengembangan dan Pelatihan kepemimpinan, keterampilan serta pendayagunaan Taman Bacaan Masyarakat”

TBM Kuli Maca Desa Warungbanten didirikan pada tanggal 3 juli 2016 bertempat di rumah adat kaolotan Cibadak yang di prakarsai oleh Pemerintahan Desa, Kasepuhan, Tokoh Agama, pengusaha dan para intelektual muda Desa Warungbanten. 

Anak anak sedang membaca buku di TBM Kuli Maca

Adapun tujuan dari didirikannya TBM Kuli Maca ini adalah untuk dapat menyelamatkan generasi muda dari pengaruh modernisasi, menumbuhkan minat baca dimasyarakat agar dapat menambah wawasan. TBM Kuli maca juga sebagai wahana untuk menggali potensi dimasyarakat agar masyarakat menjadi lebih cerdas, kretif dan inovatif.
TBM Kuli Maca” dibuka setiap hari minggu (hari libur) dimulai dari jam 08.30 s/d 15.30. Siapapun bisa memanfaatkan TBM Kuli Maca ini, mulai dari anak sekolah, pelajar dan orang tua baik dari dalam desa Warungbanten maupun dari luar Desa.  

Pentas kreasi seni oleh pelajar di acara launching TBM Kuli Maca Desa Warungbanten

TBM Kuli Maca Desa Warungbanten bertempat di lingkungan Rumah Adat Kaolotan Cibadak, tempatnya hening, indah karena berada di pinggir dungus Kibujangga yang alamnya masih asri cocok untuk membaca apalagi bagi penulis sangat cocok untuk berimajinasi.
Pengurus TBM Kuli Maca ada 25 orang yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar. Adapun Ketua Sdr. Rafik Irawan, S.Pd dan penanggung jawab Kepala Desa Warungbanten. 

Samapai saat ini TBM Kuli Maca berdiri dari hasil swadaya masyarakat dan donasi dari pihak relawan TBM provinsi Banten (bang DC. ARYADI dkk). Sebelum mendapat donasi dari luar TBM Kuli Maca masih memanfaatkan buku bacaan dari masyarakat desa warungbanten yang sudah tidak digunakan yang dikumpulkan oleh para pengurus TBM. Alhamdulillah samapai saat ini sudah terkumpul buku 400 buku dan 96 buah CD pembelajaran.

TBM Kuli Maca sangat terbuka bagi siapa saja yang mau mendonasikan buku agar bisa dimanfaatkan. 

“TBM Kuli Maca ada bukan karena program pemerintah tapi karena kami butuhkan “ucap Ruhandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.