Foto bersama dengan dengan Juri, Tim dari dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Lebak dan provinsi Banten beserta para Pengelola PKM desa Warungbanten seusai kegiatan penilaian. 14/04/2017

Warungbanten.desa.id_ Desa Warungbanten terus berkarya sesuai tuntutan Visi dan Misi Desa “Menjadikan masyarakat yang Sehat, aman, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia. Visi desa bukan hanya hanya sebuah uraian kata untuk menghiasi dinding tetapi merupakan sebuah gambaran bagaiman desa kedepan. 

Cerdas, salah satu kata dari visi desa yang tentunya tidak bisa tercapai jika tidak ada tindakan, maka dari itu Pemdes Warungbanten membuat suatu gebrakan mendirika Perpustakaan Desa yang di beri nama Perpustakaan KULI MACA desa Warungbanten yang beralamat di Pasar Warungbanten desa Warungbanten kecamatan Cibeber Kab Lebak. Selain PKM, kami juga memaksimalkan pelayanan dengan mendirikan Pojok Baca TBM Kuli Maca (TBM KM) di Rumah Adat Kaolotan Cibadak.

Kegiatan membaca di PKM desa Warungbanten di Pasar Warungbanten Kec Cibeber

Beberapa program kegiatan  unggulan Perpustakaan Kuli Maca (PKM) desa Warungbanten adalah Gerakan Minggu Membaca (GMM) yang diselenggarakan setiap hari minggu di Rumah Kaolotan Cibadak, PKM Keliling Kampung.Untuk GMM alhamdulillah sudah ada 2 sekolah dasar yang mewajibkan anak didiknya untuk hadir di rumah adat agar belajar membaca.

Gerakan Minggu Membaca (GMM) di Rumah Adat Kaolotan Cibadak

Banyak hikmah dari kegiatan perlombaan ini, terutama bagi pengelola PKM itu sendiri, menambah wawasan bagaimana cara mengelola perpustakaan yang profesional, lewat bimbingan pegiat Literasi (bang DC ARYADI dkk.) juga dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah kab Lebak.

Perlu diketahui juga bahwa selama ini kegiatan PKM desa Warungbanten, pengadaan sarana prasarana dilakukan dengan swadaya masyarakat, termasuk pengelola semuanya adalah relawan dari pemuda, Pelajar SLTP, SLTA dan Mahasiswa. 

Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan dan berkembang sampai tujuan yang sesungguhnya tercapai. Ucap jr Ruhandi