Dok : kepala desa Warungbanten (Ruhandi) memberikan sambutan tentang pentingnya mempertahankan budaya dalam Acara riungan pemdes, lembaga adat dan ulama membahas tentang pentingnya menjaga kelestarian budaya/ tradisi. 4/5/2017

Warungbanten.desa.id_ Desa Warungbanten memiliki potensi budaya yang luar biasa yang bisa dijadikan icon desa, namun hal itu bisa menjadi mimpi buruk apabila tidak dipelihara dan dilestarikan. Ada 3 (tiga) hal penting yang harus bisa sinergi yaitu  agama (syara’), adat (mokaha), dan pemerintah. Jika itu tdak sejalan maka akan menghambat pembangunan desa.

Bukan hal yang mudah menyatukan dan menjaga 3 (tiga) unsur tersebut apalagi jaman sudah semakin maju, serba modern tentunya ini akan sangat berpengaruh terhadap kelestarian budaya yang ada. 

Dok : pemaparan dari pihak kasepuhan tentang budaya-budaya yang harus di jaga keberadaanya. 4/5/2017

Maka untuk menjaga kelestarian adat khususnya, pemerintah desa, ulama dan kasepuhan mengadakan riungan (musyawarah) secara terbuka di rumah Ama Dalim ketua Adat Kaolotan Cibadak. Beberapa hal yang dibahas antara lain : Aub Lembur dan Aturan -aturan adat lainnya. 

Ada 7 (tujuh) Aub lembur yang harus dijaga dan dilestarikan : 1. Dungus Kibujangga, 2. Goa Saketeng Gunung Handeuleum, 3. Bale Kambang, 4. Paniisan, 5. Pancuran Emas), 6. Pamoyanan, dan 7. Parigi (dapur umum). Ketujuh Aub tersebut memiliki fungsi yang berbeda -beda.

Dalam riungan ini dibentuk pengurus yang akan dipercayakan untuk menjaga keberadaan aub lembur tersebut. Karena masyarakat percaya jika ke 7 tempat itu rusak atau diganggu maka akan terjadi musibah. 

Dibidang aturan adat lainnya yang dibahas dan harus di lestarikan adalah, ponggokan, pantang, 15na dan 30na dan aturan aturan adat lainnya. 

Melestarikan budaya /tradisi dari leluhur seperti budaya gotong royong, menjaga cagar budaya atau situs situs bersejarah termasuk aturan -aturan adatnya, sangat penting karena itu merupakan salah satu jati diri suatu daerah. Ucap jaro Ruhandi

Duduk bareng pemerintah, kasepuhan dan ulama sangat penting karena ketiga unsur tersebut memiliki tujuan yang sama pada intinya menjaga hubungan kita dengan Allah, dengan sesama (manusia) dan hubungan kita dengan alam.