Foto bersama relawan motor litetasi (moli) berdama relawan literasi tbm kuli maca setelah selesai Kegiatan di kaolotan Cibadak. 13-14 mei 2017

Warungbanten.desa.id_ Desa Warungbanten memiliki jumlah penduduk 2.664 jiwa, 6 RW dan 16 RT yang tersebar di beberapa kampung; kampung Warungbanten, kampung Cibadak, kampung Ciparay/ babakan lapang, kampung Nagajaya, kampung Cikoneng kampung Nagrak dan kampung Kadu Kalahang. Pada umumnya desa Warungbanten merupakan masyarakat adat yang masih kuat memegang adat budaya keturunan nenek moyang.

Yang paling dominan memegang teguh adat budaya di desa Warungbanten adalah kampung Cibadak, yang tentunya dibuktikan dengan adanya rumah adat, lumbung padi, dan kegiatan kegiatan ritual adat yang masih lestari, salah satunya ponggokan, pantang dan seren taun. 

Selain dengan segala keunikannya, kampung Cibadak juga memiliki daya tarik lain yang mungkin belum ada di desa desa yang lain, yaitu Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuli Maca desa Warungbanten, yang bertempat di Rumah Adat Kaolotan Cibadak, yang dilaksanakan setiap hari minggu pukul 08.30 s/d pukul 15.30. 

Kegiatan yang dilakukan di TBM adalah membaca, menulis, berdongeng, bermain, mempelajari kearipan budaya lokal, dan melakukan tbm keliling. Sehingga hal itu yang membuat daya tarik tersendiri dari pegiat literasi luar daerah untuk datang ke TBM Kuli Maca desa Warungbanten, salah satunya pegiat literasi yang tergabung dalam MOLI (Motor Literasi).

Ada sekitar 80 org pegiat literasi yang hadir dari luar desa Warungbanten yang langsung di pimpin oleh Presidan TBM sekaligus penggagas Motor Litetasi (MOLI) kang Firman Venayaksa. Selain itu hadir juga bang dc Aryadi selaku FTBM Provinsi,  dan 3 (tiga) orang dari Kemendikbud. 

Pukul 18.15 WIB rombongan Moli sudah mulai tiba di kaolotan cibadak (TBM Kuli Maca) desa Warungbanten Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak. 

Suatu kebanggaan bagi kami telah dikunjungi para petinggi pegiat literasi dari berbagai daerah dan berbagai latar belakang. Bisa bersilaturrahim tukar pengalaman dan lomba lomba bersama anak anak pelajar yang ditutup dengan pembagian hadiah oleh relawan dari Moli.

Selain kegiatan silaturrahim, dan perlombaan, rombongam Moli juga memberikan donasi buku sebanyak 200 buah buku. Bagi Moli membagikan buku dari TBM ke TBM merupakan kegiatan rutin mereka.

Kegiatan Tour Moli ke TBM Kuli Maca juga semakin hangat dan meriah karena di sambut dengan pagelaran seni tradisional kaolotan cibadak, seperti rengkong, angklung, gegendek, kacapian, kesek (biola) dan karinding.

Apresiasi yang setinggi tingginya untuk pegiat Literasi khususnya MOLI semoga tetap istiqomah demo mencerdaskan kehidupan bangsa. Aamiin