Berkunjung Ke Desa Warungbanten : Bupati Lebak Berharap Semakin Banyak Perpustakaan dan TBM di Lebak

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di sela-sela mengunjungi Perpustakaan Kuli Maca di desa Warungbanten. (Banten Hits/Fariz Abdullah)

    Warungbanten.desa.id. Perpustakaan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan sarana untuk mencerdaskan masyarakat, terutama generasi penerus agar mampu bersaing secara global.

     Hal itu dikatakan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat berkunjung ke Perpustakaan dan TBM Kuli Maca, di Desa Warungbanten, Kecamatan Cibeber, kamis (20/7/2017).

    “Kalau masyarakat Lebak cerdas, daerahnya juga akan ikut menjadi daerah yang cerdas,” terang Iti.

    Keberadaan perpustakaan dan TBM di Kabupaten Lebak perlu terus diberdayakan. Iti berharap, ke depan, akan semakin banyak TBM di pelosok-pelosok daerah agar minat baca masyarakat semakin meningkat.

    “TBM dan Perpustakaan Kuli Maca desa Warungbanten ini patut dicontoh, walaupun berada di ujung Kabupaten Lebak tapi bisa membuktikan, bahwa dengan berbagai keterbatasan tidak jadi penghalang perpustakaan dan TBM terus eksis untuk berkontribusi mencerdaskan masyarakat,” papar Iti.

    “Kalau mau bahu membahu, insya Allah sesulit apapun pasti bisa terwujud,” tambahnya.

    Kepala Desa Warungbanten, Ruhandi menjelaskan, TBM yang berada di rumah adat Kaolotan Cibadak tersebut sudah berdiri pada 3 Juli 2016 lalu. TBM diprakarsai oleh pemerintah desa bersama kasepuhan, tokoh agama, pengusaha dan pemuda.

    “Kita ingin masyarakat, khususnya generasi muda mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas sebagai bekal mereka. Tidak hanya cerdas dan berwawasan, tapi juga kreatif dan inovatif,” tutur Ruhandi.

    Berasal dari hasil swadaya masyarakat dan relawan yang peduli agar budaya literasi senantiasa terjaga di tengah-tengah masyarakat, Ruhandi berharap perpustakaan dan TBM memberikan manfaat yang besar dalam upaya mencerdaskan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. sumber (banten hits) 23/7/2017

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.