Studiban Dana Desa : DPRD BOALEMO PROV. GORONTALO KUNJUNGI DESA WARUNGBANTEN

Tampak duduk di depan, ketua DPRD kab Boalemo , Camat Cibeber Bpak Drs. Eman Suparman dan Jaro Ruhandi (Kades Warungbanten) dan sejumlah anggota DPRD Kab Boalemo serta masyarakat desa Warungbanten (17/10/2017)

Warungbanten.desa.id_ Desa Warungbanten mendapat penghargaan yang patut disyukuri karena menjadi salah satu desa yang jadi pilihan ketua DPRD Goalemo provinsi Gorontalo (bapak Oktohari Dalanggo, SE. ) beserta anggota berkunjung dalam rangka studiban mengenai pengeloaan Dana Desa (DD).

Acara diawali dengan penyambutan oleh Kades Warungbanten (jaro Ruhandi) Muspika Kecamatan Cibeber beserta masyarakat desa Warungbanten, yang diiringi dengan kesenian tradisional rengkong dan angklung.

Rombongan DPRD Boalemo tiba di desa Warungbanten pukul 17.30 WIB, meleset dari perkiraan sebelumnya sekitar pukul 14.30 WIB. Namun hal itu tidak membuat semangat masyarakat berkurang, hal tersebut terlihat setelah kehadiran ketua DPRD Boalemo dan rombongan, masyarakat memenuhi tempat kegiatan yaitu pasar warungnanten.

Setelah penyambutan yang diiringai kesenian rengkong dan angklung, dilanjut dengan sambutan selamat datang dari Camat Cibeber Bapak Drs. Eman Suparman. Dalam sambutannya beliau menyampaikan “bahwa suatu kebanggaan bisa dikunjungi oleh DPRD Boalemo yang tentunya akan membawa dampak positif bagi desa Warungbanten dan desa – desa di kabupaten Lebak.

Kabupaten Boalemo yang beribukota di Tilamuta merupakan kabupaten pemekaran pada 4 oktober 1999. 

Dalam sambutannya ketua DPRD Boalaemu menjelaskan tentang alasan kunjungannya ke desa Warungbanten “Ini merupakan program kami untuk melakukan studi banding kedesa desa terbaik dalam pengelolaan dana desa, setelah kami cari informasi melalui media sosial (medsos) lalu kami diskusikan, maka desa Warungbanten menjadi pilihan untuk kami jadikan tempat studi banding.

Adapun tujuan DPRD Boalemo yaitu untuk studi banding tentang pengelolaan Dana Desa (DD) karena selama ini banyak sekali hal hal yang perlu dipelajari sebelum akhirnya kami terapkan di desa -desa yang ada di kab Boalemo. Apalagi di kabupaten boalemo akan diadakan pemilihan kepala desa serentak di akhir tahun 2017.

Sementara itu kepala desa Warungbanten (jaro Ruhandi)memaparkan tentang pelaksanaan Pengelolaan Dana Desa (DD), tidak terlepas dari undang – undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Permendagri nomor 111 tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa. Permendagri Nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Peraturan Bupati Lebak Nomor 9 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.

Kami juga mengakui pengelolaan Dana Desa belum sesuai dengan apa yang diharapkan, tapi kami akan tetus berbenah agar dari waktu kewaktu semakin lebih baik, yang tentunya tidak terlepas dari peraturan yang ada.

Selain itu, jaro Ruhandi menyampaikan beberapa keberhasilan desa Warungbanten selama dua tahun selain pembangunan insfratuktur, antara lain : 1). Penghargaan BUPATI LEBAK, Atas dedikasinya pegiat kampung literasi dikecamatan Cibeber kab Lebak.;( 2). Penghargaan dari IKAPI daerah Banten, Atas jasa serta dedikasinya dalam membangun masyarakat literasi di provinsi Banten; ( 3). Juara 1 lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat provinsi Banten th 2017. dan (4) Juara harapan II, klaster B Lomba perpustakaan Umum Terbaik (desa/kelurahan) Tingkat Nasional tahun 2017.

Penyambutan rombongan DPRD kab Boalemo provinsi Gorontalo

Kesenian Rengkong, kesenian khas kaolotan cibadak desa Warungbanten

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.