Pelajar SMPN 1 Cibeber (Pecinta Lingkungan) Mengikuti Pendidikan Pertanian Alami Di Desa Warungbanten

Jaro Ruhandi sedang memberikan materi tentang pertanian alami dan cara – cara membuat pupuk alami kepada pelajar SMP yang tergabung dalam Pecinta Alam SMPN 1 cibeber di tempat belajar terbuka (kandang kambing).

Warungbanten.desa.id_ desa Warungbanten terus bergeliat menggali potensi desa baik potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

Salah satu kegiatan yang sedang dikembangkan adalah tentang Pertanian alami mulai dari kalangan pelajar sampai dewasa.

Pada hari minggu tanggal 4 februari tahun 2018, bertempat di kandang kambing Nangerang, pemdes Warungbanten mengadakan pendidikan pertanian alami sekaligus praktek pembuatan pupuk alami (mikroba 2 dan nutisi dari rebung,  pohon pisang muda dan nanas).

Peserta dari kegiatan tersebut adalah pelajar dari SMPN 1 Cibeber (pecinta Lingkungan), dan SMPN 5 Cibeber sebanyak 32 orang.

Kegiatan tersebut di pandu langsung oleh kepala desa Warungbanten yaitu Jaro Ruhandi dan dibantu oleh relawan Kelompok Tani Alami desa Warungbanten.

“Pertanian alami wajib di kembangkan di desa karena memang  Potensi yang ada sangat mendukung. Selain itu,  pertanian alami merupakan sebuah solusi yang tepat untuk menghindari kelangkaan pupuk, mahalnya harga pupuk dan juga keseimbangan lingkungan hidup.”ucap jaro Ruhandi.

Kegiatan tersebut akan terus berkesinambungan agar para pelajar menjadi kader -kader yang tangguh sehingga bisa terus mengembangkan pertanian alami didaerah masing -masing.

Sehingga mereka tidak lagi menjadi generasi konsumtif melainkan menjadi generasi produktif yang mampu menciptakan hal yang beda.

Ditempat yang sama “Rafik Irawan selaku pembina dari ekstra kurikuler Pecinta Alam (PA) menyampaika bahwa : Pertanian alami harus tertanam sejak dini terutama di kalangan pelajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.