​Pemdes Warungbanten  Gelar Klarifikasi Peta Hasil Pemetaan Partisipatif 

Jaro Ruhandi kepala desa Warungbanten berjabat tangan dengan Jaro Dadan kepala desa Cikotok , setelah selesai menandatangani berita acara klarifikasi batas desa Warungbanten (15/11/2018)

Pemerintah Desa Warungbanten menggelar pertemuan untuk klarifikasi batas desa hasil pemetaan partisipatif pada Selasa (13/11/2018) di Kantor Desa Warungbanten, Kec. Cibeber, Kab. Lebak. Klarifikasi batas desa dilakukan antara Desa Warungbanten dengan 9 Desa yang berbatasan untuk membangun kesepahaman dan kesepakatan batas desa. 
Kepala Desa Warungbanten, Jaro Ruhandi mengatakan proses klarifikasi peta merupakan bagian dari tahapan kegiatan pemetaan partisipatif di Desa Warungbanten. 
Kegiatan klarifikasi peta hasil pemetaan meliputi pengecekan titik koordinat, pengecekan nama tempat, batas dan rintis/keterangan batas serta penandatanganan berita acara kesepakatan batas desa. 
“Pada awal perencanaan pemetaan, kami telah membuat komitmen kesepahaman dan kesepakatan batas desa dengan desa-desa tetangga melalui peta sketsa, dan saat setelah peta ini dibuat, kami melakukannya untuk menyepakatinya” terang Ruhandi.
Ditambahkan Ruhandi, Batas Desa Warungbanten berbatasan dengan 9 Desa yakni Desa Ciherang, Desa Cikotok, Desa Cihambali, Desa Neglasari, Desa Sukamulya, Desa Hegarmanah, Desa Cibeber, Desa Cidikit dan Desa Mekarsari. 
Dari 9 Desa yang diundang, hanya 3 desa yang berhalangan hadir, yakni Desa Cidikit, Mekarsari dan Cihambali. Namun tidak ada masalah batas karena batas ketiga desa tersebut merupakan batas alam yaitu sungai.
“Yang masih belum ada kesepakatan batas yakni dengan Desa Ciherang, sehingga perlu dilakukan klarifikasi melalui pengecekan fisik lapangan besok hari”  ujar Ruhandi. 
Pemetaan partisipatif menjadi inisiasi masyarakat untuk memperjelas batas desa melalui kesepakatan batas dan kedepannya perlu didorong bersama pemerintah daerah agar dapat mempercepat proses implementasi PERMENDAGRI No 45 Tahun 2016 sebagai payung hukum terkait Penetapan Dan Penegasan Batas Desa.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *