Bersumber dari PADes, Pemdes Warungbanten Melakukan Pelatihan Satlinmas Tingkat Desa.


Warungbanten.desa.id _Bertempat di lapang halaman Rumah Adat Kaolotan Cibadak, pada tanggal 10 Juli 2018,  Pemdes  Warungbanten mengadakan kegiatan pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang diikiuti oleh 16 orang Linmas  RT dan 4 orang Linmas Desa.  Kegiatan ini merupakan agenda kerja pemerintahan desa Warungbanten di bidang pemberdayaan masyarakat, untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas linmas RT, sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. 
Walaupun merupakan agenda kerja pemerintah, kegiatan pelatihan satuan perlindungan masyarakat ini  belum dapat didanai dari Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD), sehingga Pemdes Warungabanten di kecamatan Cibeber  menjadi satu-satunya desa yang sudah memulai kegiatan pelatihan Linmas ini dengan menggunakan anggaran dari Pendapatan Asli Desa (PADes),  yang bersumber dari SHU Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tahun 2017.

“Kegiatan ini perlu terus dilakukan karena selain akan menambah keterampilan dan kecakapan bagi LINMAS, juga sebagai pembuktian kepada masyarakat bahwa LINMAS merupakan  suatu satuan yang terbentuk dari masyaraat yang mempunyai kemampuan  dan keterampilan yang layak dan profesional dalam melaksanakan tugasnya” ucap Jaro Ruhandi.

Pelatihan ini diawali dengan latihan dasar yaitu  PBB yng merupakan latihan fisik guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggungjawab serta membentuk sikap ketegaran, ketangkasan, kerapihan, ketertiban dan kekompakan. 
Dalam latihan ini para Linmas tampak bersemangat dan berantusias mengikuti komando dari pelatih. Dalam kegiatan tersebut pemerintah desa mengundang Babinkamtibnas bapak Brigadir Bambang Irawan dari Polsek Cibeber, Babinsa yaitu  bapak Iin Solihin Koramil Bayah sebagi pelatih dalam kegiatan pelatihan satuan linmas tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.