IGI Kota Serang Selenggarakan Seminar dan Pelatihan di Warungbanten

Suasana pelatihan yang dilakukan Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Aula Rumah Adat Kaolotan Cibadak desa Warungbanten. 29/09/2018

Warungbanten.desa.id – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuli Maca desa Warungbanten bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Seminar bagi guru PAUD, murid SD dan murid PAUD se-desa Warungbanten, yang dilaksanakan di rumah Adat Kaolotan Cibadak, Sabtu (29/9/2018).
Kegiatan pelatihan ini bertema “Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Menggunakan Teknologi Terkini Melalui Kreatifitas yang Menyenangkan.”

Pemateri dalam kegiatan tersebut Tb. Saepul Bahri, M.Pd Ketua IGI Wilayah Banten, Akto Gunawan, M.Pd Ketua IGI Kota Serang, Susilawati, S.Pd Sekretaris IGI Kota Serang dan dua pemateri lainnya.

Ada empat point materi di kegiatan tersebut yaitu cara menghitung cepat, membuat seni kriya dari barang tak terpakai, membuat ornamen yang mudah, dan materi literasi anak usia dini dan usia sekolah dasar.
Guru atau tutor PAUD sangat senang mengikuti pelatihan tersebut, seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta, Imas Siti Masitoh (guru PAUD Gema Madani Cibadak sekaligus istri Kades Warungbanten). 

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, karena ada pengetahuan baru seperti menghitung cepat, ternyata ada cara lain untuk menyelesaikan perhitungan seperti penjumlahan dan perkalian, ini sangat berguna untuk menghitung rekapan nilai siswa secara cepat meskipun jumlahnya banyak,” katanya.

Suasana pelatihan Guru PAUD se desa Warungbanten di Imah Gede Kaolotan Cibadak. 

Tidak kalah semangat dari para guru, siswa PAUD dan orang tuanya yang ikut mengantar pada kegiatan tersebut serta beberapa siswa sekolah dasar yang membutuhkan kerjasama dalam membuat seni kriya untuk menghasilkan sebuah karya.

Di akhir sesi, IGI memberikan sebuah hadiah bagi para peserta siswa PAUD dan siswa Sekolah Dasar bagi yang paling bagus karyanya. Dan hadiah-hadiah untuk peserta guru juga.

Untuk kedepannya diharapkan terus ada lagi kegiatan pelatihan dan seminar ini sebagai bahan pengayaan metode dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan dan pengembangan literasi di Desa Warungbanten, karena IGI masih memiliki banyak metode pembelajaran sebagai penggugah semangat belajar yang sangat menyenangkan dengan jumlah kurang lebih semuanya 80 metode pembelajaran.

“Mudah-mudahan dengan pengembangan metode yang menyenangkan tersebut mampu menjadikan sebuah semangat literasi bagi generasi emas di desa Warungbanten dan menjadi dasar pembangunan sumber daya manusia yang akan mampu bersaing di masa yang akan datang,” ucap Elna Syamsudin, Pendamping Lokal Desa (PLD) Warungbanten. 

__Salam literasi__

1 comment on “IGI Kota Serang Selenggarakan Seminar dan Pelatihan di Warungbanten

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.